Senin, 08 Agustus 2016

Mengenal Lebih Dekat Masa Trimester Kehamilan

01.23

kesehatan ibu hamil


Sebelum Anda memastikan untuk melakukan program ibu hamil sehat, persiapan apa yang akan di lakukan untuk mempersiapkan masa kehamilan?. Kesehatan menjadi modal utama anda untuk dapat melakukan program ini.

Masa kehamilan yang sudah datang seperti yang Anda harapkan sebaiknya di rawat dengan baik, demi mendapatkan kesehatan ibu hamil dan janin yang sehat. Terutama yang harus Anda perhatikan adalah dari segi asupan nutrisi ibu hamil yang Anda konsumsi.

Kemudian baru Anda menjaga kesehatan ibu hamil dengan sepenuh raga Anda yang akan menguras tenaga dan pikiran di setiap trimester kehamilan Anda.

Mengenal Trimester Kehamilan Secara Dini


Proses kehamilan (gestasi) berlangsung selama 40 minggu atau 280 hari dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Usia janin sendiri adalah 38 minggu, karena dihitung mulai dari tanggal konsepsi (tanggal bersatunya sperma dengan telur), yang terjadi dua minggu setelahnya.

Dalam dunia kedokteran, proses kehamilan dibagi menjadi tiga fase sesuai dengan pertumbuhan fisik bayi. Masing-masing fase tersebut disebut trimester. Berikut adalah perkembangan janin pada tiap-tiap trimester menurut usia janin, yaitu sejak konsepsi sampai kelahiran (38 minggu).

trimester kedua kehamilan
Sumber Gambar: upload.wikimedia.org

Trimester Pertama Kehamilan usia Minggu 0 sampai 12

Periode Germinal (Minggu 0 – 3)
Pembuahan telur oleh sperma terjadi pada minggu ke-2 dari hari pertama menstruasi terakhir.
Telur yang sudah dibuahi sperma bergerak dari tuba fallopi dan menempel ke dinding uterus (endometrium).

Periode Embrio (Minggu 3 – 8 )
Sistem syaraf pusat, organ-organ utama dan struktur anatomi mulai terbentuk.
Mata, mulut dan lidah terbentuk. Hati mulai memproduksi sel darah.
Janin berubah dari blastosis menjadi embrio berukuran 1,3 cm dengan kepala yang besar

Periode Fetus (Minggu 9 – 12)
Semua organ penting terus bertumbuh dengan cepat dan saling berkait.
Aktivitas otak sangat tinggi.

Trimester kedua Kehamilan usia Minggu 12 ssampai 24

Pada minggu ke-18 ultrasongrafi sudah bisa dilakukan untuk mengecek kesempurnaan janin, posisi plasenta dan kemungkinan bayi kembar. Jaringan kuku, kulit dan rambut berkembang dan mengeras pada minggu ke 20 – 21 indera penglihatan dan pendengaran janin mulai berfungsi. Kelopak mata sudah dapat membuka dan menutup. Janin (fetus) mulai tampak sebagai sosok manusia dengan panjang 30 cm.

Trimester ketiga Kehamilan usia memasuki Minggu 24 sampai 40)

Semua organ tumbuh sempurna. Janin menunjukkan aktivitas motorik yang terkoordinasi (‘nendang’, ‘nonjok’) serta periode tidur dan bangun. Masa tidurnya jauh lebih lama dibandingkan masa bangun.

Paru-paru berkembang pesat menjadi sempurna. Pada bulan ke-9, janin mengambil posisi kepala di bawah, siap untuk dilahirkan. Berat bayi lahir berkisar antara 3 -3,5 kg dengan panjang 50 cm.

Kinjungi sumber: griyabunda.com

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2016 Informasi dan Tips Tentang Kesehatan Ibu Hamil . All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top